Melatih Kemandirian Bayi dengan Sabun Mandi

Tepat hari ini 5 Oktober 2018 baby Haisya berumur 3 bulan 2 hari. Sudah banyak yang bisa dia lakukan seperti mengeluarkan suara, merespon suara, merespon benda-benda bergerak, berguling ke kanan dan ke kiri, mengangkat kepala sedikit demi sedikit,  memegang benda-benda, merespon pembicaraan dengan senyum / tertawa, dan berteriak jika ditinggal sendiri atau jika tidak ada teman yang mengajaknya  dia ngobrol.

Seperti biasa setiap pagi dan sore baby Haisya mandi dengan Bunda. Maksudnya disini dimandiin Bunda hehehe. Biasanya bunda berselonjoran dan  meletakkan baby Haisya di atas pangkuan bunda agar kita bisa saling berpandangan dan bisa saling ngobrol bersama.
Bagaimanakah cara memandikan Haisya ala Bunda?
1. Mommy bisa berselonjoran dan meletakkan perlak dan bantal di atas pangkuan. Jangan lupa ya moms bantal diletakkan di bawah perlak agar tidak basah terkena air.
2. Letakkan baby di atas pangkuan yang sudah beralaskan perlak. Apakah boleh jika tidak paaki perlak? Tentu boleh donk moms..pemakaian perlak disini bertujuan agar baju bunda tidak basah kena air, pipis atau poop. 
3. Basahi baby dengan air hangat dan oleskan sabun di atas badannya.
4. Basahi kembali baby dengan sedikit air agar ketika dipindahkan ke dalam bak mandi tidak licin.
5. Letakkan baby ke dalam bak mandi yang sudah berisi air hangat kemudian basahi seluruh tubuh baby sambil main-main atau ngobrol. Jangan lupa tetap dipegangi ya moms karena baby umur 3 bulan belum bisa duduk dan belum bisa menegakkan lehernya dengan kuat.
6. Setelah selesai langsung pakaikan handuk dan bersiap untuk memakai kostum hari ini. 


Pada tahap ke-2 sampai tahap ke-4 kita bisa mengajak ngobrol baby sambil mengoleskan sabun di seluruh badannya. Tak lupa juga  pipi dan hidung kita pijat2 menggunakan air hangat. Jangan lupaTelinga juga ya moms. Usap badan, muka dan telinga seperlunya  dan pastikan semuanya benar-benar bersih.
Bunda: "MasyaAllah adek Haisya sudah besar, MasyaAllah Barakallah  tambah pintar. MasyaAllah, MasyaAllah",saya mengajak ngobrol sambil mengoleskan sabun di badannya dan memijat-mijat lembut pipinya.

Haisya: sambil tersenyum, ooo eeek, bergumam ceria.
Bunda: "bunda pijat - pijat pipi adek ya.. Agar tambah cabi, sini hidung juga biar tambah mancung".
Bunda: "MasyaAllah sekarang adek tambah pintar bercakap-cakap sama bunda ya.. Sini bunda oleskan sabun di badan adek biar bersih dan wangi. Tadi habis main main ya.. Sini bunda oleskan sabun di tangan dan kaki adek juga ya... Biar bersih dan harum".
Haisya: senyum-senyum dan menunjukkan keceriannya.

Melalui sentuhan dan percakapan ketika mandi, kita bisa mempekuat kelekatan si kecil dan membantu perkembangannya dalam emosional, kemandirian untuk merespon suara, merespon tatapan wajah  dengan tertawa, tersenyum atau bergumam.

Ps: Foto Asli tidak ditampilkan karena sedang mandi 😤


#Day1
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian 
#InstitutIbuProfesional

0 comments:

Posting Komentar