Melatih Kemandirian | Belajar Membaca ala Baby Haisya



Begini ceritanya ,kemarin baby Haisya baru dapat hadiah dari tante Erika buku baby. Hmm...tentunya baby Haisya seneng banget donk...setiap hari Baby Haisya bermain menggunakan buku itu. Tidak hanya bisa dibaca tapi buku itu juga bisa mengeluarkan bunyi-bunyian seperti plastik. Jadi bun-bun dan baby Haisya menamai buku itu menjadi buku musik plastik. nah kesempatan ini tidak disia-siakan lagi oleh bun-bun. Bun-bun selalu mengajak baby haisya untuk berlatih kemandirian sejak dini. kali ini baby Haisya  belajar mandiri untuk merespon suara dan gerak-gerak di sekitar dengan respon suara, senyum dan tertawa. Untuk melakukan permainan ini baby Haisya dan bun-bun cukup menggunakan buku musik plastik. baby Haisya sambil berbaring santai di depan TV dan bun-bun tepat di depannya. 

Tujuan dari permainan ini adalah melatih kemandirian dalam merespon suara dan gerak di sekitarnya dengan tertawa dan bergumam. Bahan yang digunakan Buku musik baby.
Bun-bun memperlihatkan buku musik dan meremas-remasnya agar buku tersebut berbunyi. Kemudian bun-bun  berdialog dengan Haisya sambil membacakan buku, “ Halo Adek Haisya..ayuuukk kita baca buku..I can do anything, I can fly, I can swim, I can jump".

Baby Haisya tertawa oo eeek oo eeek dan langsung meraih buku sambil diremas-remasnya

“Waah MasyaAllah adek Haisya Hebat, langsung ikut menirukan bunda membaca”, puji bun-bun kepada Baby Haisya

Saat membuka buku halaman selanjutnya, Bun-bun memberikan tanda pada baby Haisya agar dapat berusaha membuka lembaran buku sendiri. Bagaimanakah respon baby Haisya selanjtnya?

Baby Haisya langsung tertarik untuk meraihnya karena di dalam buku tersebut ada plastik dan mengelurakan bunyi jika dipegang atau diremas. Baby Haisya juga tertarik dengan warna buku dan gambar-gambar binatang yang dominan cerah.  Respon Emosi dia merasa senang, antusias dan serius jika sudah memegang buku

Hmmm sepertinya bun-bun harus sering-sering bermain buku bersama baby Haisya nih untuk melatih kemandirian dalam merespon suara ,gerak dan untuk menanamkan kecintaannya pada membaca sejak dini. 

Daily Journal Haisya bisa klik disini

#Harike2
#Tantangan10Hari 
#GameLevel2 
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional




0 comments:

Posting Komentar