Life is Rainbow


Setiap orang  punya jalan hidup masing-masing. Termasuk dalam memperbaiki hidupnya. Merubah hidup menjadi lebih baik tidak hanya melalui kyai, majelis ta’lim ataupun halaqoh. Ternyata dengan cinta orang bisa merubah hidupnya menjadi lebih baik. Melalui perantara cinta seorang anak manusia mampu terjaga dari hal –hal yang membahayakannya. Dalam menemukan cintanya, setiap orang pun mempunyai cara yang berbeda. Ada dengan ta’aruf, ketidak sengajaan bahkan ada dengan pacaran. Kali ini saya tidak membahas bagaimanakah menemukan cara menemukan cinta dengan cara yang benar. Pastinya kita sudah tau, mengapa Tuhan membuat kisah hidup setiap orang berbeda? Tuhan hanya ingin kita belajar dari kisah setiap orang. Bukan untuk membandingkan bahwa saya lah yang lebih benar. Tapi untuk diambil pelajaran.

Kisah seorang teman membuat saya terharu.  Saya banyak belajar tentang hidup dari sahabat saya ini. Sebut saja namanya Cita. Saya sudah bersahabat dengannya sejak duduk di bangku SD.  Hidupnya dipenuhi dengan perjuangan. Mulai dari sekolah, keluarga, dan cintanya semuanya memberikan pelajaran berarti. Saya tau ini tak mudah, tapi sahabat saya ini memiki cara pandang sendiri dalam menyikapi setiap masalah yang dia alami. Cinta, setiap orang pasti pernah merasakannya. Bagaimakah rasanya cinta. Cinta memang datang secara tiba-tiba. Ya sekali lagi cinta adalah sebuah rasa menggelora. Kadang bias membunuh orang tapi juga kadang bias membangkitkan hidup orang. Dengan mencintai hidupnya orang tidak akan membiarkan hidipnya berlarut dalam hal yang tidak berguna. Tapi  dengan cinta orang juga bias mati rasa.

“Aku tau ini tak mudah. Jatuh terpuruk. Tak berdaya. Hancur , aku benar-benar hancur. Aku menjadi korban dari kata yang bernama cinta. Katanya cinta itu indah, tapi mana buktinya?. Nyatanya aku adalah korban dari cinta. Tapi tak mengapa. Hidup adalah sementara. Walaupun hati ini terluka, tapi ini hanya sementara. Tidak, walaupun ini hanya sementara tapi aku harus bahagia”

Pembukaan obrolan singkat yang menusuk. Bangkit dan kau akan bahagia. Dari sinilah dia bangkit kembali. Dia menemukan sosok, yang menurut kasat mata memang sosok itu tidak lah sempurna. Itukan dari kasat mata orang awam, hanya memandang covernya saja. Tapi tidak bagi dia. Bagi Cita sosok ini membuatnya bahagia. Dia bukanlah lulusan sarjana, ataupun alim ulama. Dia adalah sosok yang ingin merubah hidupnya menjadi lebih baik dan berguna. Sosok yang putus sekolah ketika SMU karena kenakalannya. Saat ini, diumurnya yang tidak remaja lagi dia ingin sekolah kembali. Tekatnya membuat Cita menangis. Menyambung kembali rapot SMUnya. Diusianya yang tidak lagi remaja bagiku ini butuh perjuangan mental. Bayangin sekolah SMU, ketika teman-teman seumurannya sudah S2, dia baru akan menyelesaikan pendidikan SMUnya. Dia memang sedang jatuh cinta. Tapi dengan perantara cinta hidupnya kembali bermakna. Dan dengan cintanya bisa membuat orang lain lebih berguna dan bahagia. 

Add caption
“ Hen, kamu tau sendirikan..kalau kamu lihat hidupku kemarin, aku benar-benar hancur. Aku mulai dari nol. Sekarang, aku ketemu orang yang putus sekolah karena nakal. Aku ajak dan ajari dia sekolah lagi. Aku ajari dia belajar ngaji, sholat. Aku bahagia, aku berguna buat hidup orang lain. Aku ingin dia sukses suatu saat nanti. Jodoh Allah sudah mengaturnya, kita hanya bisa berdo’a dan pasrah. Jalan kita beda Hen…aku pilih orang seperti itu karena dia butuh aku untuk berubah dari orang nakal jadi orang yang lebih baik. Setiap dia ke sekolah, Setiap dengar dia belajar, ngaji aku bahagia banget. Aku gak mikirin nikah dulu, aku ingin dia kuliah dulu. Tiap malam aku ngajari Matematika dan Bahasa Inggris lewat telepon dan ngajari baca iqro’ tiap subuh. Aku juga pengen nangis kalau lihat perjuangan dia apalagi kalau teman-teman nya ngajak main dan hura-hura. Dia cuma satu tekat merubah hidupnya. sekarang dia sekolah lagi hen…nglanjutin rapot SMUnya. Awalnya aku juga tidak percaya, tapi ini sudah setengah jalan. Aku tahan sendiri keadaan ini, tapi jujur aku bahagia dengan perubahannya. Mungkin kalau orang-orang tau pasti banyak yang mencela, meremehkan dan merendahkan. Aku Cuma bisa diam selama ini. Untuk berubah seperti ini, dia berjuang mati-matian meninggalkan kehidupannya dulu juga teman-temannya. Aku bahagia sekalipun keadaan masih sepert ini. Kita ini wanita. Kita ini butuh keseriuasan dan kepastian. Sebisa mungkin kita ini harus dicintai jangan mencintai. Jangan cari kesempurnaan dari orang, tapi carilah orang yang berusaha membahagiakan kita”

Walaupun hanya pesan sms, sungguh kisahnya membuatku terharu. Sikapnya dalam menghadapi hidup, merubah dan memandang orang sangat menakjubkan. Dia berguna untuk orang lain dan dia kini bahagia.  Tidak memandang dari segi spiritual, agama atau apapun. Tapi yang jelas, Cita telah berhasil memotivasi hidup orang. Telah berhasil mendukung cita-cita orang untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik. Yah, sekali lagi jalan setiap orang itu memang berbeda. Kita tidak bisa memaksakan orang lain mengikuti jalan kita. Setiap orang mempunyai jalan masing-masing dalam menemukan kebahagiannya. Life is Rainbow ^^


0 comments:

Posting Komentar