Belajar Cara Merdeka Belajar | Jurnal #3 Tahap Telur | Bunda Cekatan

kita flash back sebentar di Jurnal dua telur merah. di telur merah kemarin saya membagi kegiatan ydalam empat kuadran,  tapi tentu saja tidak semuanya harus kita kuasia sekaligus dalam satu waktu yang membuat kita stress dalam kebahagiaan. jadi di sini kita akan membuat list terlebih dahulu ilmu-ilmu apa saja yag mendukung kita dalam keterampilan tersebut. kemudian kita emnetukan prioritas untuk mnetapkan keterampilan yang kita perlukan untuk mendukung kebahagian kita. Contoh misal saya ini bahagia kalau udah otak atik blog apalagi diskusi masalah blog, maka untuk menambah kebahagian saya agar bahagia banget saya harus terampil dalam dunia blogging. Kita bisa menetikan ilmu-ilmu pendukung tersebut minimal satu dan maksimal lima. Tidak usah banyak-banyak agar kita bisa fokus. oleh karena itulah kita harus merdeka dalam belajar.

Betul apa yang dikatakan Bu Septi  sejatinya pendidikan itu adalah merdeka. Merdeka tumbuh dan berkembang sesuai diri kita bukan sesuai orang lain. ketika bertemu referensi bisa kita jadikan sebagai sumber ilmu bukan kita menjadi, kemudian meramu dan menerapkan ala keluarga kita dan diri kita sendiri. bagaimana cara merdeka dalam belajar:
1. mengetahui diri sendiri dan berkemabng sesuai jati diri kita
2. mengetahui dimana kita ingin berubah
3. ilmu yang kita perlukan?. bisa kita pelajari dan dievaluasi berubah atau tidak


di Jurnal dua kemarin saya telah menetukan ketrempilan apa yang ingn saya kuasai. saya menetapkan 5 keterampilan, walaupun sebenarnya masih ada lagi. Tapi maksimal lima dulu agar bisa fokus mempelajarinya. di telur merah inilah keetramoilan-keterampilan yang ingin saya kuasai.












kemudian dari keterampilan-keterampilan saya akan menetapkan menguatkan tujuan, mengapa saya harus menguasai ilmu tersebut, sumber ilmu dan baagimana cara belajar saya. 





setiap ilmu-ilmu yang ingin saya pelajari akan ada ilmu-ilmu lain sebagi pendukunya agar ilmu tersebut lebih mudah saya kuasai sesuai dengan gya saya belajar. nah telur-tekur orange dibawah ini saya menguraikan ilmu-ilmu pendukung apa saja yang mendukung untuk mencapai tujuan.




#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

0 comments:

Posting Komentar