Pembelajar Mandiri | Bunda Cekatan #1 IIP | Jurnal #2 Telur

Pekerjaan yang kita sukai itu biasanya akan melenakan waktu. Setelah kita menemukan kegiatan yang membuat kita bahagia dan masuk dalam kategori bisa dan suka, di sesi kali ini saya akan mencoba menemukan keterampilan saya.
 Pertama tama saya akan mengelompokkan keterampilan dalam 4 kudran yang terdiri dari : penting dan tidak mendesak, penting dan mendesak, tidak penting dan tidak mendesak dan yang terakhir tidak penting dan mendesak. 

Kemudian setelah ketemu saya akan mengambil bagian keterampilanyang penting  dan mendesak yang haru saya kuasai. Semua bisa dilihat dalam gambar-gambar di atas. 

Nah dalam menguasai keterampilan ini kita perlu bisa untuk belajar mandiri. Zaman sekarang segal informasi bisa dengan mudah kita dapatkan. Jadi kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu mengetehui belajar bagaimana cara belajar sangat penting. Bagaimana kita memulai belajar mandiri? 

1.Mengambil inisiatif: Belajar mandiri adalah bagaiman kita sebagai seseorang bisa mengambil inisiatif dan berawal dari kita sendiri. 
2. Baik dengan atau tanpa bantuan orang lain. Bisa bantuan orang lain atau dari kita sendiri
3. Mendiagnosa kebutuhan belajar : harus tau apa yang kita harus pelajari. 
Kita belajar tentang apa saja
4. Memformulasikan tujuan belajar: diformulasikan kebutuhan belajar. Misal belajar pandu 45. Tujuannya apa? Agar bisa menerapkan pandu 45 di perkembanhan anak saya. Identifikasi kebutuhan sumber daya untuk belajar apa. Misal butuhnya apa? Guru, akses kelas, 
6. Memilih kebutuhan belajar.Saya pengin diskusi, live, mengulang-ulang videonya. 
7. mengimplementasikan kebutuan belajar. Bisa langsung praktek dll
8. evaluasi kebutuhan belajar. 

Kemudian setelah mengetahui apa yang harus dilakukan sebagai seorang pembelajar mandiri, maka kita bisa breakdown menjadi peta belajar. Saya contohkan seperti punya saya dalam gambar mapping di atas. Nah dari sini nanti kita bisa vuat mapping2 apa yang ingin kita pelajari. Misal kita ingin belajar parenting. Kita ingin mempelajari apa saja, kemudian dari sini bisa diformulasikam kebutuhan belajar kita.

 Cara belajar setiap orang berbeda, kita bisa membuat peta belajar kita atau menggabungkan dari peta belajar orang lain. Bebas senyaman mungkin.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

0 comments:

Posting Komentar