Pengobatan lidah buaya

Seperti kita ketahui bahwa manfaat lidah buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) sangat banyak. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga berfungsi  untuk  pengobatan. Walaupun sudah banyak sekali artikel-artikel yang memuat tentang manfaat lidah buaya dan zat-zat yang ada di dalamnya, disini saya akan mengulas kembali mengapa lidah buaya sangat banyak sekali manfaatnya.  Berdasarkan kandungan lidah buaya, tanaman ini mengandung  senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri. Tanaman ini juga disebut tanaman herbal karena mengandung sekitar 75 jenis zat benmanfaat dan 200 jenis senyawa lain yang berkhasiat. Salah satu keunggulan lidah buaya yang sudah saya coba adalah mengobati magh. Akhir-akhir ini khususnya ketika saya skripsi dulu adalah awal mula saya terserang penyakit anak kos pada umumnya yaitu penyakit magh. Apalagi ketika banyak pikiran dan stress penyakit ini akan mengikuti juga. Kebetulan sekitar rumah saya banyak sekali tanaman obat-obatan yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhan, karena ayah saya gemar menananmi tumbuh-tumbuhan tersebut untuk obat ibu.

Pernah membaca artikel  bahwa usus dalam tubuh kita yang berfungsi sebagai tempat pencernaan dan  tentunya juga akan kotor sepert halnya slang air. Bisa kita bayangkan jika diumur kita yang sekarang ini usus tidak pernah dibersihkan. Slang air saja jika tidak dibersihkan selama 1 tahun, dinding-dinding slang berlumut dan bau apalagi usus dalam tubuh kita. Usus yang kotor adalah sumber segala penyakit pencernaan. Seperti wasir, sembelit dan magh. Di sini saya mempunya tips bagaimana mengobati pencernaan kita. Kebetulan ketika magh saya kambuh atau ada sesuatu yang aneh dengan pencernaan, saya selalu mengkonsumsi lidah buaya. Ambil lidah buaya secukupnya  kemudian kupas kulitnya. Setelah bersih cincang halus taruh dalam gelas dan tambahkan sedikit air. Untuk mngurangi rasa pahit bisa menambahkan madu. Atau bisa saja lidah buaya yang telah dicincang direbus dengan air secukupnya (sesuai takaran lidah buaya yang telah dicincang). Sisihkan airnnya dan diminum 3 kali sehari. Lidah buaya ini baik untuk dikonsumsi setiap hari untuk menjaga pencernaan kita agar tetap sehat. Bagaimana mudah bukan membuatnya?

0 comments:

Posting Komentar