Malang Potenda Expo 2012


MALANG- Kerajianan unggulan nusantara dan pencintraan negara Indonesia sebagai negara yang mempunyai ciri khas kekayaan alam dan budaya harus ditampilakn agar wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisma) lebih mengenal beragam kekayaan negeri kita. Untuk mengenalkan budaya dan keindahan negeri kita tercinta Indonesia,  diperlukan usaha-usaha khusus untuk merealisasikannya.

Pada tanggal 6 Desember 2012 kemarin, Malang Olympic Garden (MOG) mengadakan pameran perdagangan, kerajinan dan seni budaya. Pameran ini bertema besar ‘Malang Potenda Expo 2012’. Pameran atas kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Kota Malang dan PT Aliyah Citra Prima ini merupakan salah satu event khusus untuk mengundang wisma dan wisnu. Dalam pameran ini ditampilkan berbagai kerajinan, kesenian dan tempat pariwisata dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Blitar, Pekalongan, Bojonegoro, Kalimantan Timur, Lampung dan lain sebagainya. Konsep dari pameran ini adalah setiap daerah menempati satu sampai dua stan dan mempromosikan hasil kerajinan dan obyek wisatnya masing-masing.

Seperti halnya kota Blitar  mamerkan berbagai macam manik-manik dari batu-batuan yang dirangkai sedemikain rupa hingga menjadi hiasan gelang, kalung, bros dan perlengkapan asesoris lainnya. Dari Kalimantan Timur (Kaltim) menampilkan barang-barang antik adat budaya Kaltim, dan keindahan wisatanya. Ada obyek wisata di Kaltim yang menarik para pengunjung di pameran tersebut. Obyek wisata tersebut terletak di kabupaten Berau. Banyak kepulaun di kabupaten Berau yang dijadikan sebagi obyek wisata diantaranya adalah pulau Sanglaki, pulau Kakaban, pulau Maratuadan, pulau Derawan yang memiliki keindahan bawah laut. Museum Batiwakkal, wisata alam Berau Pristine Forest, kraton Sambaliung, Tepian Segah dan Labuan Cermin juga menambah eksotik dan keanekaragaman obyek wisata daerah ini. Tidak hanya obyek wisata, benda antik jaman dahulu ikut menambah keingin tahuan pengunjung tentang sejarah benda antik tersebut. Benda antik itu berbentuk seperti golok dan kranjang yang dihiasi sulaman manik-manik. Kranjang tersebut berbentuk sangat unik  selain digunakan menggendong bayi ternyata keranjang tersebut juga bisa digunakan untuk menggendong sayuran para ibu-ibujaman dahulu.

Di stan berikutnya dari kota Bojonegoro yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur. Tidak kalah dengan provinsi Kalimantan Timur yang mempunyai berbagai macam obyek wisata, kota kecil ini juga mempunyai beraneka ragam produk unggulan dan makanan khas. Kita bisa melihat keunggulan produk Bojonegoro mulai dari meubel Sukerojo, gembol tunggak jati, bubut kayu patung hewan, onyx dan batik Bojonegoro. Makanan khasnya tidak kalah mendomininasi kekayaan kota ini, diantaranya adalah ledre, salak wedi dan ngringinrejo.

Di stan berikutnya yang tidak kalah menarik dari dua kota diatas adalah keanekaragaman kota Malang. Sebagai tuan rumah Malang Potenda Expo 2012, Malang juga menampilkan hasil kerajinannya. Sepatu lukis yang tahan terhadap air menambah kebanggaan tersendiri bagi para pengunjungnya khususnya penduduk asli kota Malang. Sepatu lukis ini banyak memiliki berbagai motif. Selain itu, walaupun dicuci ataupun kena air, tidak akan hilang motif lukisnya. Dengan adanya Malang Potenda Expo 2012 bertajuk pameran perdagangan kerajinan dan seni budaya diharapkan kota Malang mampu mengenalkan obyek wisata serta potensi pariwisata sebagai pilihan tujuan wisnu dan wisma dan mampu membuka peluang usaha melalui program kemitraan nasional dan internasional. [sya]


0 comments:

Posting Komentar