Tuhan, Hampa terasa hidupku tanpa diriMu

“Pernahkah kau merasa hatimu hampa?” kalimat ini pasti ini sudah tidak asing di telinga kita. Khususnya para anak muda yang gandrung dengan grupband Ungu. Atau pernah mendengar lirik lagu ini “hampa terasa hidupku tanpa dirimu”, hmm mungkin bagi yang fall in love pasti lirik ini terus terngiang dalam fikiran kita, bahkan merupakan kata-kata yang sangat bermakna. Arti hampa menurut kamus Tesaurus adalah hampa, kosong, lompong, nihil, sepi, sunyi, tawar, gagal, sia-sia, dan vakum. Kalau hati yang hampa berarti hati kita kosong, sunyi, sepi dan bisa kalian padukan arti hampa tersebut dalam kata hati hingga membentuk kalimat yang sesuai. 

berdasarkan pendapat teman-teman yang sudah saya introgasi, bagaimanakah sebenarnya hati hampa itu? Dan apa yang harus dilakukan agar hati tidak menjadi hampa? beberapa teman menjawab,” jika hati hampa semuanya terasa tidak mengenakkan, mau ngapa-ngapain malas, tidak suka keramaian dan tidak suka kesepian, sehingga bingung mau ngapain. Dan biasanya untuk menghilangi itu semua dengan tidur dan menangis sepuas-puasnya”. Ada lagi yang menjawab, “hati terasa hampa jika merasa kesepian, maka obatnya pun aku harus mencari keramaian agar aku tidak kesepian ”, ada lagi pendapat lain dari dua pendapat diatas “hati terasa hampa dan kering jika lama tidak tersirami dengan makanan spiritual, terlalu banyak hura-hura, dan cara mengobatinya pun dengan dengan melakukan teori obat hati 5 perkara yaitu baca al-Qur’an dan maknanya, sholat malam, berkumpul dengan orang sholeh, perbanyak puasa, dan memperpanjang dzikir malam

Pendapat teman-teman diatas memang benar. Jika hati hampa segalanya jadi tak berasa. Hampar dan terasa kososng. Hati adalah raja bagi tubuh kita jika hati sakit maka seluruh badanpun sakit. Hati yang hampa ibarat tanah yang tandus kering, dan gampang tersakiti. Bagaimanakah kita bisa melihat kadaan hati kita?. Pada dasaranya hati terbagi menjadi 3 jenis, yaitu hati sehat, hati sakit dan hati mati. Beruntung sekali orang yang memeliki hati sehat. Mereka terus merawat dan menyiraminya. Dengan hati sehat sangat mudah untuk menerima motivasi hidayah dan kebenaran.

Ustadz Abdullah Sholeh hadromi pernah berkata kematian hati sakitnya akan terus menerus. “yaa ngajaban minnaass yabkuuna ngala man maata jasadu wa laa yabkuuna ala man maata qolbu wa huwa asyad” sungguh mengherankan manusia itu dia menangis apabila ada org yg mati badannya dan dia tidak menangis jika ada orang yang mati hatinya. Padahal kematian hati lebih dahsyat dari kematian badan. Oleh karena itu vitamin hati sangat di perlukan untuk kesehatan hati kita. Kita sangat membutuhkan dzikir. Salah seorang ulama mengatakan Dzikir bagi hati separti air bagai ikan, bagaimana jadinya ikan jika dikeluarkan dari air, ikan sangat membutuhkan air. Coba kita keluarkan ikan dari air maka akan menggeliat-mengeliat dan akan mati. Jika hati tanpa dzikir maka hati akan mati dan tidak ada kehidupan disana. Dzikir adalah makanan hati dan makanan jiwa. Apabila seseorang lupa dengan dzikir maka bagaikan badan yang dipisahkan dari kekuatanya. Ada seorang ulama ketika habis subuh selalu berdzikir dan di belakangnya ada seorang murid yang menunggunya, kemudian guru tersebut dan mengatakan hai fulan ini adalah sarapanku, aku tidak punya kekuatan jika untuk hari ini jika aku tidak berdzikir. 

Dzikir adalah obat dari kerasnya hati, zaman sekarang ,banyak orang yang susah untuk menerima hidayah, sehingga mengalami kebingungan dan kesumpekan, gak mood dll. Menyebut-nyebut allah adalah obat, menyebut manusia adalah penyakit. Keutamaa dzikiradalah mengingat allah, jika kita mengingat Allah maka Allah akan mengingat kita. Maka segala urusan akan dipermudah. Pernah ada seseorang yg datang pada Alkhasanul Basyri Rakhimawwallohu ta’ala dari Imamu Tabi’in “yaa abba sa’id asyku ilaika ‘an qosywatal qolbi ” aku mengadu kepadamu tentang kerasnya hatiku, kenapa hatiku keras seperti ini. kemudia beliau menjawab “lembutkanlah hatimu dengan berdzikir. Berdzikir pada Allah adalah obat dan berdzikir pd manusia adalah penyakit”. 

Wow ternyata keutamaan dzikir sangat besar. Dzikir adalah perbuatan yang sangat ringan dan bisa dilakukan dimanapun kita berada. Tak perlu biaya mahal, tak perlu tenaga dan pernak-pernik banyak untuk menyiapkannya. Tapi dibalik itu semua Allah akan memberikan sesuatu yang lebih bagi kita. Sambil menunggu orang yang sangat lelet , menunggu antrian, dari pada kita bergumam dengan mengucap kata-kata yang kurang pantas lebih baik kita berdzikir kepadaNya.

Bagaimakah dengan teman-teman?apakah hati kalian pernah hampa, kesepian, sedih dan kecewa? Bagaimanakah cara mengobatinya?apakah ada cara lain selain cara diatas?

0 comments:

Posting Komentar