Batu Secret Zoo


Spektakuler. Itulah kesan pertama yang membuat saya kagum dengan tempat ini. Alhamdulillah tanggal 15 Januari kemarin keluarga FLP (Forum Lingkar Pena) Malang berkesemapatan untuk mendatangi salah tempat wisata di Kota Batu yaitu Jatim Park (JP) 2. Berkunjung ke tempat  ini adalah suatu kebanggan tersendiri bagi kami. Bukan hanya pemandangannya yang enak dilihat, tapi setiap bentuk rupa, setiap sudut tempat bisa dijadikan inspirasi tulisan. 

Kebun binatang ini baru saja dibuka pada Juni 2010. Pada saat grand opening jumlah pengunjung sangat banyak, karena seluruh biaya masuk gratis dan diresmikan langsung oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Meskipun ini adalah kebun binatang baru, namun sudah memiliki koleksi satwa yang tidak kalah lengkapnya dengan kebun binatang lain di Indonesia. Gaya Arsitektur dari bangunan ini pun berskal Internasional. Jadi, jika kita berada disini serasa berada diluar negeri..

Mencari  JP2 tidak lah sulit. Cukup mengikuti papan petunjuk jalan dijamin kita akan sampai pada tempat tujuan. Menurut info yang saya terima tempat ini berdiri diatas lahan seluas 14 hektar. Dan perlu kita tau juga bahwa JP2 ini terdiri dari Batu Secret Zoo (Kebun Binatang Modern) dan Museum Satwa Berskala Internasional. Untuk masuknya kita harus membeli tiket masuk. Tiket itu berupa gelang kertas, warnanya pun sesuai dengan paket yang kita pilih dan sudah didesain anti air.  Sehingga kita tidak usah khawatir sobek atau rusak jika kena air hujan ataupun air wudhu. Karena selama kita masih memakai gelang ini dan selama kaki dan badan kita masih kuat, kita bebas keluar masuk kebun bianatang / museum satwa untuk menikmati semua fasilitas hiburan di dalamnya.

Baiklah, sebelum anda mendatangi langsung tempat ini. saya akan memberikan sedikit gambaran satu persatu apa itu Batu secret Zoo dan apa itu Museum Satwa. Ketika kita tiba di pintu gerbang, pertama kali yang akan kita lihat adalah Pohon Inn Hotel. Bangunan penginapan ini terlihat unik. Dari luar terlihat seperti pohon besar yang memliki banyak lubang, setelah kita masuk di dalamnya nuansa mewah akan sangat terasa.  

Tempat yang ak`n kita singgahi terlebih dahulu adalah Batu Secret Zoo.  Disini kita kan melihat berbagi macam koleksi satwa terlengkap yang dibentuk sesuai habitatnya. Mulai dari berbagi jenis unggas, reptile, kera,  primata, landak, ular, singa dari Afrika, gajah dari Sumatra dan masih banyak lagi. Di dalam sini juga terdapat Reptile Garden, Aquarium dan berbagi fasilitas seperti Savana, Tiger land, Log Flume, Giant Wheel, Kids Zone, River Adventure dan lain sebaginya. Semua itu didesain sesuai dengan tema  agar para pengunjung merasakan suasana baru di tempat ini. 

Untuk mengeliling Batu Secret Zoo kita harus menyusuri jalan setapak. Untuk pengunjung yang tidak ingin lelah dalam menyustri jalan dan pengunjung lanjut usia ada sepeda mini otomatis.  Ketika menyusuri jalan setapak, saya setalah pintu masuk kami telah disampbut oleh Flying Lemur, aneka jenis kera yang lucu dan tentunya langka karena saya baru pertama melihat kera seperti ini. Tak hanya kera yang saya lihat, aneka reptile pun saya lihat sesuai dengan jalan setapak yang saya susuri.  Di samping kandang fauna yang disetting sedemikan bersih dan rapi terdapat papan-papan informasi tentang hewan tersebut. Sehingga hanya dengan membacanya saja, pengetahuan fauna saya bertambah. 

Setelah itu perjalanan saya diarahkan  ke lantai bawah  untuk melihat aquarium Banyak biodata laut bisa dipelajari di wahana ini, seperti kodok, aneka macam jenis ikan laut, berbagai macam kura-kura, lobster, terumbu karang dan biodata laut lainnya. Ada juga diorama Ikan hiu dipasang di penghujung jalan keluar untuk tempat berfoto ria seolah-olah sedang berkejaran dengan Ikan Hiu. Lepas dari Aquarium, perjalanan saya diarahkan menuju ke Savannah, sebuah tanah padang yang dihuni oleh binatang-bintang besar yang hidup di alam bebas. Burung-burung berparuh besar berterbangan di atas kepala kami. Burung ini tak akan lepas terbang jauh karena berada dalam koridor bird-nets yang cukup kuat. Tapi, yang paling menarik perhatian saya adalah kuda zebra dan burung unta karena desain kandangnya benar-benar seperti di pedalaman Afrika. 

Nah, sekarang sampailah kita pada tempat yang  membuat saya berkesan dan menegangkan, yaitu Tiger Land. Di Tiger Land ini kita akan disuguhkan berbagai macam harimau. Kandangnya pun dibuat bertema dan yang lebih serunya lagi kandang tempat bersemayam harimau ini tidak dipagari jeruji besi melainkan kaca-kaca tebal sehingga pengunjung seakan-akan melihat tanpa sekat.  

Selanjutnya kita akan beralih ke Museum Satwa. Bangunan ini didesain dengan gaya arsitektur mirip gedung Putih America Serikat. Jika kalian belum berkesempatan untuk mengunjungi White House janganlah berkecil hati, karena  gaya arsitektur  bangunan ini akan mengobati keinginan anda. Berada di depan bangunan ini benar-benar serasa di kediaman Presiden Amerika Serikat. Jadi, tidak jarang atau bahkan semua pengunjung lebih suka berfoto disini. 

Menginjak ruangan pertama kita akan disuguhkan dengan sangkar burung raksasa dengan taman bunga didalamnya. Kemudian memasuki ruang selanjutnya kita akan melihat fosil dinaosaurus dari fiberglass. Sebagai wahana edukasi, di museum ini pengunjung dapat melihat diaroma-diaroma hewan dari berbagai belahan dunia.  Terdapat sekitar lebih dari 80 diaroma dari penjuru dunia. dengan diaroma tersebut pengunjung  seakan-akan melihat nyata kehidupan satwa dan habitatnya di alam liar. Memasuki ruangan selanjutnya kita akan dikagumkan oleh insektarium yang berisi kurang lebih 5000 jenis serangga dari berbagai tempat seperti  Peru, Kolumbia, Papua Nugini, Malaysia pulau Madagaskar di pantai timur Afrika dan tentu saja dari hutan Indonesia.  Para pengunjung juga akan diberikan kesempatan untuk melihat diaroma kutub dan fish diaroma. 


Selain bersenang-senang, hal menarik apakah yang akan kita dapatkan di tempat ini?  tempat ini adalah wahana edukasi yang tepat. Proses pembelajaran disini dilakukan sangat efektif. Setiap binatang dilengkap informasi dan pengetahuan tentang binatang tersebut.  Di Tempat ini sudah difasilitasi alat peraga untuk menghafal binatang-binatang yang dilihat. Misal, taukah anda macam-macam tekstur kucing besar? (tersedia gambar-gambar tekstur  kucing besar yang ditebak).   Bukan hanya itu saja,  bagi para seniman dan penulis, tempat ini juga bisa dijadikan sumber inspirasi untuk bahan objek dan tulisan mereka. Nah, tunggu apa lagi, jika kalian ingin berkeliling dunia berpetualang menyusuri hutan afrika, savana dan dan bahkan Amerika dengan harga kurang dari 100 ribu rupiah, maka disinilah tempatnya. Ayo segera coba dan Buktikan!!!



0 comments:

Posting Komentar