Go Green: Menanamkan Akar Kecintaan Kita Pada Lingkungan


Kick The Habit Towards A Low Carbon Economy, ubah perilaku dan pencemaran lingkungan. Slogan ini pernah digunakan sebagai tema hari lingkungan hidup sedunia pada tahun 2008. Dengan adanya tema ini kita harus mengubah perilaku kita. Disadari ataupun tidak, perilaku kita memang sangat buruk terhadap lingkungan.  Kita bisa ambil contoh dari sesuatu yang kecil.  yang masih sering kita lakukan adalah untuk tidak  membuang sampah disembarang tempat. 


 Tema besar dalam memperingati lingkungan hidup pada tahun 2008 silam merupakan cambukan yang berharga bagi masyarakat Indonesia. Khususnya para akademisi harus turut andil dalam pelestarian Lingkungan.  Beruntung sekali pada tahun 2008 yang lalu ketilka saya masih menjadi santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 bisa ikut melakukan penghijauan. Gerakan penghijauan yag dilakukan Ponpes Gontor ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta para santri akan lingkunngan sekitar dan untuk mengurangi dampak dari pemansan global atau global warming.
Hutan meupakan sumber kehidupan dan paru-paru dunia. Seperti yang kita lihat sekarang bahwa kuantitas pepohonan di dunai mulai menyusut. Kita bisa lebih menspecifikan pandangan kita pada hutan di tanah air. Untuk melihat lebih lanjut potret keadaan hutan dari tahun ketahun menurut catatan pada masa pendudukan Belanda, pada 1939 perkebunan skala besar yang dieksploitasi luasnya mencapai 2,5 juta hektar dan hanya 1,2 juta hektar yang ditanami. Sektor ini mengalami stagnasi sepanjang tahun 1940-an hingga 1950-an. Tahun 1969, luas perkebunan skala kecil hanya mencapai 4,6 juta hektar. Sebagaian besar lahan hutan itu berubah menjadi perkebunan atau persawahan sekitar 1950-an dan 1960-an. Alasan utama pembukaan hutan yang terjadi adalah untuk kepentingan pertanian, terutama untuk budidaya padi. (www.inform.or.id )
Pada periode 1997–2000, ditemukan fakta baru bahwa penyusutan hutan meningkat menjadi 3,8 juta hektar per tahun. Dua kali lebih cepat ketimbang tahun 1980. Ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia. Di Indonesia berdasarkan hasil penafsiran citra landsat tahun 2000 terdapat 101,73 juta hektar hutan dan lahan rusak, di antaranya seluas 59,62 juta hektar berada dalam kawasan hutan (Badan Planologi Dephut, 2003).
Dari data-data yang diambil oleh badan planologi departemen  kehutan tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa potret hutan Indonesia dari sisi ekologi, ekonomi dan social ternyata semakin buram. Hasil yang sangat mengejutkan, ketika kita melihat bahwa hutan Indonesia menyusut pada kondisi yang sangat menghawatirkan karena hingga saat ini Indonesia kehilangan hutan aslinya sebesar lebih dari 50 persen.
 Go green yang dilaksanakan oleh Pondok Modern Gontor, dilaksanakan tidak hanya di satu cabang saja. Seluruh cabang pondok Gontor juga ikut melakukan penghijauan demi terciptanya kembali negara tropis di negeri kita. Penanaman dilakukan di sekitar area ponpes sebanyak 1550 bibit, meliputi bibit sengon dan bibit jati. Letak ponpes ini sendiri juga sangat strategis untuk perkembanganbiakan bibit pohon, karena mayoritas ponpes cabang Gontor di seluruh Indonesia terletak di daerah pegunungan dan pedesaan. Seperti halnya letak Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur terletak di tengah-tengah hutan yang tidak lagi ditumbuhi pohon yang lebat. Sehingga ketika banjir daerah inipun juga terkena banjir karena disebabkan semakin berkurangnya pepohonan sebagai penyokong air yang berlebihan.
Itulah sebabnya gerakan penghjauan harus sesering mungkin dilaksanakan. Kita bisa memulai dari komunitas kecil seperti keluarga kemudian desa, kecamatan dan kabupaten. Dan lembaga-lembaga pendidikan seperti SD, SMP, SMU, pondok pesantren dan perguruan tinggi. Dari gerakan peghijauan pada komunitas kecil dan lembaga pendidkan ini diharapkan dapat memumpuk kecintaan kita pada lingkungan. Semakin rasa kepemilikan kita kuat pada lingkungan maka semakin enggan pula untuk merusak lingkungan terutama merusak hutan. Jadi, mari kita tanamkan kecintaan kita pada lingkungan mulai dari sekarang and safe our environment by go green!!

0 comments:

Posting Komentar