Kemajuan Pendidkan dalam Kemajuan Negara

Sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh pendidkan dalam Negara tersebut. Pendidkan disin bukan hanya pendidikan formal di sekolah tapi juga pendidikan nonformal. Pendidkan diera ini sangat berbeda dengan pendidkan dizaman dahulu. Karena diera yang lalu mempunyai system yang berbeda , para pengajar tidak dibayar tapi mereka hanya mengharapkan imbalan dari Allah. Sedangkan pendidkan di era ini para pendidik para pendidik dibayar dan para murir sibuk mencari ijasah untuk meneruskan dan mencari pekerjaan mereka.

Pendidkan sangat berpengaruh dalam kemajuan Negara dan sumber daya manusia. Karena dengan belajar kita dapat memprluas pengetahuan sehingga kita bias berpikir lebih luas dalam mengembangkan apa yang kita milikimenjadi lebih maju dan berkualitas. Memang benar bahwa kesuksesan orang tidak ditentukan oleh pendidkan yang tinggi. Karena berdasarkan surve yang telah kita lihat sekarang 90 % dari pengusaha-pengusaha sukses tidak berpendidikan tinggi. Seperti halnya Bill Gates yang telah di Drop out dari Harvard university, dia telah berhasil mendirikan Microsoft dan merupakan orang terkaya di Amerika. Dalam hal ini kita dapat mengamati mengapa Bill Gates mengapa Bill Gates bias menjadi orang yang suskses padahal dia telah di Drop out dari universitasnya. Karena hal ini Bill Gates tidak hanya mengandalkan pendidikan formal saja, dia mau belajar dimana saja sehingga dia sehingga dia tidak kalah suksesnya dengan orang yang berpendidkan tin ggi. Seperti yang kita lihat bahwa Negara-negara maju sebagian pendudukanya adalah ber SDM tinggi, karena mereka tidak hanya mengandalkan pendidikan formal saja tapi mereka sangat kritis dalam membaca segala hal.

Dan sekarang bagaimanakah dengan tanah air kita Indonesia? Saat ini Indonesia masih menjadi negara berkembang. Keadaan pendidikan dinegara kita sangat memperhatikan. Menurut pengamatan UNESCO di Indonesia menduduki urutan yang ke-102 peringkat kualitas pendidkan. Dan pada abad ke-21 dumia pendidkan dihebohkan lagi dengan keterbelakangan pendidakan. Negara yang masih menerapkan High Technology dan belum banyak yang dapat menciptakan soft technology. Sebenarnya negara kita memiliki banyak kekayaan alam dan kebudayaan. Dan hingga sampai sekarang kekayaan itu banyak yang terlantara dan dibiarkan begitu saja. Sumber daya Manusia masyarakat belum mampu mengelola dan memngembangkannya dengan baik. Pendidkan untuk perkembangan SDM diabaikan begitu saja, karena mereka beranggapan bahwa pendidikan itu hanya pada sekolah saja. Kebanyakan persepsi mengatakan bahwa tanpa pendidkan mereka bisa kaya, karena tolak ukur kebanyakan masyarakat disini adalah kaya sebagai npuncak kesuksesan. Padahal kaya tanpa disertai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang luas kita tidak makan bisa untuk meningkatkan SDM untuk mengembangkan apa yang kita miliki menjadi lebih bermutu dan berkualitas. Sehingga apa yang diraihnya hanya akan bersifat sementara. 

Kualitas pendidikan yang semakin memburuk ini bisa kita lihat dari kualitas guru, sarana belajar, dan murid-murid. Memang guru saat ini kurang kompeten. Diantar mereka yang menjadi guru karena tidak diterima di jurusan yang diinginkan serta tidak adanya biaya untuk masuk pada universitas ataupun pada jurusan yang mereka inginkan. Kecuali guru yang sudah lama mengajar mereka sangat berpengalaman dalam mengajar . tapi para guru sepeti ini sudah banyak yang pensiun dari masa mengajarnya. Jika hal ini dibiarkan maka pendidikan lambat laun akan semakin menurun.

Pendidikan berawal dari bayi sebelum dari dilahirkan. Seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang dengan memberi melodi untuk merangsang kecerdasan otak dengan harapan agar anaknya menjadi cerdas. Pengalaman hidup sehari-hari yang kita alami lebih berarti dari dari pendidikan formal disekolah. Karena dengan pengalaman hidup manusia dapat dengan mudah menyerap apa yang mereka lakukan dan mereka lihat. Disamping itu juga pendidikan keluarga mempunyai peran yang sangat penting dan mendalam walaupun tidak berjalan secara formal.

Jumlah orang yang berpendidikan di suatu negara bisa mempengarui kemajuan bangsa dalam segala bidang. Baik pendidkan formal ataupun nonformal sangat penting karena keduanya akan mempengarui perkembangan kecerdasan dan SDM. Memaksimalkan cara pengajaran dalam pendidikan formal dengan mengasah kemampuan otak siswa/mahasiswa untuk memecahkan soal, memecahkan suatu masalah, menganalisis dan menyimpulkannya maka akan sangat membantu dalam memgembangkan fikiran. 

Untuk mengatasi masalah dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia maka tidak terlepas dari solusi sistematis dan solusi teknik. Solusi sistemati yakni mengubah ssistem sosisl ke sistem pendidkan. Pendidikan erat kaitannya dengan masalah ekonomi. Sistem pendidkian di negara ini adalah sistem ekonomi kapitalis, meminimalkan campur tangan pemerintah pada urusan publik. Sedangkan solusi sistematis adalah menyelesaikan hal-hal yang berkaitan langsung dengan pendidikan seperti meningkatkan mutu dan kualitas guru dengan meningkatkan kesejahteraan guru dan membiayai pendidkannya untuk kejenjang lebih tinggi. Rendahnya prestasi siswa bisa diperbaiki dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, alat-alat peraga, sarana pendidikan dan sebagainya.

0 comments:

Posting Komentar